Kamis, 29 Maret 2012

Roti Keju

Saya sebenarnya tidak bisa membedakan dengan baik apa yang disebut dengan roti atau kue, namun saya ingin menyampaikan bahwa tetaplah tidak semua orang suka roti keju!. 

Ada seorang ibu dari salah satu siswa saya yang kemaren sore datang kesekolah dan bercerita tentang anaknya yang susah makan padahal setiap pagi ia sudah siapkan seporsi besar roti keju merk terkenal, “ Ya Allah pak, berapa uang yang sudah saya keluarkan!, tapi ya gitu deh tetep saja ia tak mau makan dan sekarang ia lebih sering sakit, gimana ya pak??”. 

--00o00--- 

Bisa jadi banyak diantara kita yang tidak atau kurang memperhatikan hak-hak anak kita, bukan saja dalam urusan makan roti tetapi juga dalam urusan pendidikan. Jangan sampai anda menyalahkan anak anda yang tidak mau memakan makanan yang sudah anda sediakan sebab anda yang justru sebenarnya telah mengabaikan selera anak anda dan jangan sampai anak-anak kita tidak mau sekolah karena sekolah yang salah menyajikan menu pendidikan yang keliru. 

Banyak sekolah yang menyusun kurikulum kependidikannya tanpa memperhatikan kepentingan ataupun hak anak lalu memaksa menjejalkan menu ramuan yang dianggap cocok untuk anak, padahal anak-anak kita tidak menyukainya! 

Sebenarnya tugas mudah kita sebagai orang tua ataupun guru adalah memberikan pilihan dan juga memberikan gambaran tentang apa pentingnya menu makanan yang akan kita sajikan dan tidak mengabaikan keinginan anak. 

Sesuka-sukanya saya dengan bakso tetap tidak mungkin jika saya harus makan bakso terus menerus berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan apalagi bertahun-tahun. 

Sesuka-sukanya Anda makan buah durian seberapa banyak yang bisa anda makan? 

Seberapa kuat anak-anak kita cekoki dengan menu makanan yang kita inginkan tetapi sebenarnya mereka tidak sukai?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar